Detail Berita

Studi Tiru Persiapan Pelaksanaan dan Penatausahaan Keuangan Daerah Melalui Aplikasi SIPD

Hi, sobat BKAD!

Dalam rangka menindaklanjuti Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah khususnya pada persiapan pelaksanaan dan penatausahaan keuangan daerah melalui Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) yang dibangun oleh Kemendagri, Kepala BKAD Kabupaten Malang, Wahyu Kurniati, S,S, M.Si. bersama Kepala Bidang Perbendaharaan, Endang Sulistyowati, S.Sos, MM. beserta jajarannya pada Hari Kamis, tanggal 11 Agustus 2022 telah melaksanakan Studi Tiru ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Yogyakarta yang telah lebih dahulu menerapkan SIPD Penatausahaan.

Sobat, dalam rangka menerapkan SIPD Penatausahaan pada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bukanlah hal yang mudah, sehingga diperlukan persiapan yang matang agar tidak gagal di tengah jalan terlebih pada proses pencairan dari penerbitan spp/spm oleh OPD sampai dengan terbitnya SP2D oleh Bidang Perbendaharaan dan belum ada pendampingan dari Kemendagri. Sehingga dalam kesempatan ini Kepala BKAD beserta jajarannya ingin mempelajari:

  1. Bagaimana persiapan awal pelaksanaan dan penatausahaan keuangan daerah melalui aplikasi SIPD di BPKAD Yogjakarta;
  2. Sampai saat ini proses pencairan apa saja yang sudah dilaksanakan melalui aplikasi SIPD, apakah sudah pada tahapan pencairan UP, GU, TU dan LS;
  3. Kendala apa saja yang dihadapi dan bagaimana solusinya?

Sobat BKAD, sesuai pepatah “Kejarlah ilmu sampai ke negeri Cina!”. Demikian pula Kepala BKAD Kabupaten Malang beserta jajarannya telah mencari ilmu sampai ke Kota Jogjakarta! Dan “Barang siapa yang keluar rumah untuk menuntut ilmu, berarti dia berada di jalan Allah hingga pulang” (HR Tirmidzi).

Berita Lain