Detail Berita

Sosialisasi Implementasi Data Transaksi Pemda Tahun 2020 oleh Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan

Dalam rangka percepatan penyediaan data transaksi Pemerintah Daerah untuk mendukung kebijakan fiskal nasional, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan mengadakan kunjungan ke Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Malang pada hari Kamis tanggal 12 November 2020 bertempat di Ruang Rapat BKAD Kabupaten Malang. Kunjungan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari ditetapkannya Peraturan Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Nomor PER-5/PK/2020 Tentang Proses Bisnis dan Penyederhanaan Pelaporan Data Bulanan Pemerintah Daerah Melalui Data Transaksi Pemerintah Daerah.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Ibu Heryani Ayu Kartikasari., SE, MSE selaku Sekretaris BKAD Kabupaten Malang dan diikuti oleh Kepala Bidang Perbendaharaan, Kepala Bidang Akuntansi, Kepala Sub Bidang Akuntansi Penerimaan beserta Operator SIMDA Keuangan. Selanjutnya Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan operator DJPK mensosialisasikan Aplikasi (Sistem Informasi Keuangan Daerah) SIKD Core - SINERGI v.5 yang merupakan pengembangan dari versi sebelumnya dimana pada versi SINERGI v.4 Pemerintah Daerah masih harus melakukan beberapa tahap penginputan data. Sedangkan pada versi SINERGI v.5 data transaksi Pemerintah Daerah secara otomatis akan terintegrasi dengan sistem pusat.

Diakhir sesi kegiatan, Bapak Cornel selaku Kasubag TU DJPK juga menyampaikan dengan adanya aplikasi ini, Pemkab Malang juga dapat mengontrol pelaporan data transaksi keuangan pada setiap OPD. Aplikasi SIKD ini juga dapat diunduh melalui appstore maupun playstore untuk pengguna mobile. Sedangkan untuk monitoring data dapat diakses melalui url : https://s.id/monitorsinergi.

Berita Lain